5 Heroes


Selamat Hari Pendidikan Nasional. Hari ini Kamis, 2 Mei 2019, kita memperingatinya sebagai Hari Pendidikan Nasional. Banyak upacara, banyak acara, banyak senang-senang. Menulis pos ini, dengan judul 5 Heroes, jadi ingat para pahlawan dalam buku Kick Andy berjudul Heroes. Buku bersampul putih yang menyajikan kisah para pahlawan yang ada di sekitar kita, yang mau berkorban demi orang lain. Akan tetapi, sesuai dengan Hari Pendidikan Nasional dan tema #KamisLima, maka saya menulis tentang lima pahlawan di bidang pendidikan yang bersinggungan langsung dengan hidup saya.


Mereka memang bukan orang terkenal. Tapi dari mereka saya belajar banyak hal baik pendidikan formal maupun non-formal. Banyak pahlawan pendidikan dalam hidup saya yang fana ini, tapi ijinkan kali ini saya memilih lima saja. Boleh kan?

1. Bapa


Kebiasaan di Ende, kami biasanya memanggil Bapak dengan Bapa (tanpa K). Seringnya Suku Lio memanggil Bapak dengan Bapa, Suku Ende memanggil Bapak dengan Baba. Bapa mengajarkan banyak hal pada saya terutama dari lini kreativitas. Bikin kompor listrik berbahan elemen seterika rusak, bikin lampion, memperbaiki sampul buku, mengetik, dan lain sebagainya. Karena mantan polisi rakyat zaman dahulu, Bapa memang keras mendidik kami anak-anaknya. Hebatnya, pendidikan yang keras itu juga disertai dengan kelembutan. Jadi meskipun dikerasin, kami tetap melengket dengan Bapa ha ha ha.

Dari semua hal yang Bapa ajarkan, dan dari yang saya contohi dari perbuatannya, yang betul-betul number one adalah: lakukan suatu pekerjaan dengan sungguh-sungguh. Kalau tidak, segera tinggalkan karena tidak akan ada hasilnya.

Terima kasih, Bapa. Al Fatihah untuk Bapa.

2. Mamatua


Sepasang, orantua, kalau ada Bapa pasti ada Mamatua. Sama seperti Bapa, Mamatua adalah seorang polisi rakyat guru. Kedisiplinan membawa beliau ke kancah Guru Teladan pada masa lampau saat negara ini masih dipimpin Bapak Soeharto. Kalau Bapa sangat keras mendidik kami, dan menyadarkan bahwa tidak semua keinginan dapat terpenuhi, Mamatua lebih kepada  keras yang 'dingin'. Bayangkan saja, hukuman anak sekolah zaman itu diterapkan pula di rumah. Amboiii saya pernah satu jam berlutut di atas garam kasar hanya karena tidak belajar!

Dari semua hal yang Mamatua ajarkan, dan dari yang saya contohi perbuatannya, yang sangat saya hafal omongan Mamatua adalah: Non, shalat dan ngaji. Tidak ada yang bisa membantu kita selain Allah SWT. Sambil tangan memilin tasbih.

Terima kasih, Mamatua. Love you tumbe'e tumbe'e (sungguh-sungguh).

3. Kak Narsis


Kak Narsis adalah pahlawan pendidikan dalam bidang agama yang super sabar dan menganggap saya seperti adik kandungnya sendiri. Tinggal bersama keluarganya yang adalah tetangga kami, hampir setiap sore Kak Narsis ke rumah untuk mengajari saya mengaji! Guru mengaji ke-sekian. Dari Kak Narsis saya belajar bahwa kesabaran itu perlu terutama kalau berhadapan dengan murid sebadung saya. Haha. Kak Narsis pula yang rajin mengobati lobang telinga saya yang luka parah karena terlalu sering dibersihkan.

Terima kasih Kak Narsis, saya sudah dua kali khatam Al Qur'an loh, masih kalah sih sama Mamatua.

4. Ibu Ernesta Leha


Saya mengenal Ibu Eta saat bekerja di Universitas Flores. Waktu itu dalam hati saya berkata, ibu ini betul-betul perfect. Cantik, seksi, cerdas pula! Banyak hal yang diajarkan oleh Ibu Eta pada saya, terutama saat beliau masih menjabat Sekretaris UPT Publikasi dan Humas Uniflor. Tapi dari semua yang pernah saya pelajari dari beliau, yang paling tertancap kuat di dalam benak saya adalah: bagaimana mengubah sesuatu yang serius menjadi konyol. Kalian pasti tidak percaya bahwa hampir tiap hari, waktu itu, saya terpingkal-pingkal mendengar komentar Ibu Eta terhadap berita-berita yang dibacanya di koran. Secara tidak langsung Ibu Eta mengajarkan pada saya tentang hidup yang selalu diibaratkan sebagai koin dengan dua sisinya itu.

Karena Ibu Eta lah saya pernah menerima beasiswa khusus dari Yapertif untuk karyawati (yang katanya berprestasi) selama setahun. Pendidikan itu penting. Oh ya, selamat pula untuk Ibu Eta yang baru-baru ini diwisuda. Sekarang gelarnya menjadi Dr. Ernesta Leha, S.E., M.Agb. Yuhuuuu. 

5. Oma Mia Gadi Djou


Oma Mia, demikian kami memanggil beliau, adalah sosok penulis yang sangat menginspirasi. Buku-bukunya dicetak secara privat dan dibagikan secara privat pula. Saya adalah orang yang memindahkan tulisan tangan Oma Mia ke lembaran MS Word. Nampaknya, hanya saya yang berjodoh dengan huruf alias tulisan tangan beliau. Hehe.

Baca Juga: 5 Momen Paskah

Mengetik cerita-cerita yang ditulis Oma Mia tidak saja menghibur namun sekalian memberikan manfaat kepada saya sebagai si tukang ketiknya.


Bagaimana, kawan ... siapa pahlawan pendidikan dalam hidup kalian?



Cheers.

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak