Misteri Youtuber Mokbang Kate Yup

 


Kate Yup, nama ngetop di jagad Youtube yang terkenal sebagai Youtuber mokbang spesialis sea food. Dia siap menghabiskan menu makan buat 10 orang, menikmatinya, menimbulkan autonomous sensory meridian response (ASMR) yang mengacu pada perasaan menyenangkan dan sering kali tidak disengaja yang didapat penonton dari menonton video "merangsang" sensorik tertentu. Mokbang memang identik dengan ASMR. Ciri khas Kate Yup adalah topeng yang menutupi setengah wajah, dari batas hidung ke atas. Dengan demikian, tidak ada seorangpun yang tahu identitas asli Kate Yup, selain berhidung mancung, sampai pada detik saya mempublis artikel ini.

Ada saja Suka Duka Migrasi ke Mode Profesional Facebook.

Banyak situs yang menyatakan Kate Yup berasal dari Vietnam. Tapi Wikitubia menulis (sudah dialihbahasa menggunakan Google Translate 😂):

Kate, lebih dikenal secara online sebagai Kate Yup, adalah seorang YouTuber yang mungkin orang Amerika atau Prancis, terkenal karena mengunggah video mukbang dirinya sedang makan makanan laut. Ikon salurannya adalah gambar stok. Meskipun ada bukti bahwa dia berkewarganegaraan Prancis, tidak ada cukup bukti yang mendukung hal tersebut. Saat ini, kewarganegaraannya tidak diketahui; satu-satunya hal yang diketahui tentang dia adalah dia bisa berbicara Perancis dan Inggris (pada tingkat yang lebih rendah).

Tapi ya memang Kate Yup ngetop duluan di Vietnam.

Anyhoo ...

Jika ditelusuri di channel-nya, Kate Yup memulai video mokbang pada tahun 2019. Kegegeran dimulai pada video yang diunggah pada 21 Juni 2019. Di video itu nampak bekas luka di bibir kiri bawah dan lengannya (kayaknya bagian kiri juga). Tubuhnya juga terlihat lebih kurus dari biasanya meskipun ya tidak terlalu kelihatan. Lalu muncul pop up notes di video tersebut. Tulisan-tulisan itu antara lain "I lOoOve SEAFOOD SO MUCH" yang kalo dibaca huruf kapitalnya saja, jadi "I LOOSE A FOOD SO MUCH". Ada juga "The meat is So delicioOousS, soft and tender" yang kalau dibaca huruf kapitalnya saja kecuali huruf T menjadi SOS."

Dari situ, satu teori konspirasi pun datang. Kate Yup diculik dan dimanfaatkan oleh penculiknya untuk memperoleh keuntungan di Youtube dengan tetap memanfaatkan Kate Yup sebagai Youtuber mokbang. Dicurigai, Kate Yup yang selalu mengumbar dirinya sendirian dalam membikin konten, sebenarnya ditemani oleh orang lain (yang disinyalir para penculik) di mana terdengar suara-suara tertentu, dan gerakan-gerakan tertentu. Jelas sekali si Youtuber mokbang sedang dalam tekanan berat, menghabiskan semua hidangan yang tersaji di hadapannya.

Namun demikian ...

Jika Kate Yup benar diculik, mungkinkah dia yang menyampaikan kode/kalimat di dalam video tersebut? Seperti permintaan tolong dan lain sebagainya. Karena, si penculik tentu yang merekam, menyunting, dan mengunggah ke Youtube bukan? Apakah ada kemungkinan Kate Yup sendiri yang menyunting dan mengunggah? Jika Kate Yup memberi kode melalui gerakan tangan, mungkin masih masuk akal (bagi saya pribadi). Mungkinkah kalimat/kode itu lolos dari sensor para penculik? Bagaimana menurut kalian? 

Paragraf di atas adalah paragraf dengan tanda tanya terbanyak 😂

Kemudian, jika ternyata Kate Yup tidak diculik, apakah ada kemungkinan tim-nya menjadi maruk dan bertindak sebagai penculik?

Banyak orang berspekulasi dalam kebingungan. Termasuk saya. 

Tapi ada satu pelajaran penting yang dapat kita petik ...

Identitas adalah sesuatu yang privat dan tidak boleh dibagi seenak udel di rimba internet. Namun identitas dasar saya  pikir masih perlu dibagi di rimba internet sehingga netizen tidak terjebak dalam spekulasi demi spekulasi. Andai Kate Yup tidak menutup sebagian wajahnya, tentu masih mudah mencari tahu siapa dia, di mana alamatnya, keberadaannya, dan lain sebagainya. Tapi ciri khas Kate Yup yang seperti itu, pada akhirnya meninggalkan misteri bagi kita semua.

Semoga ada jalan terang mengungkap siapa Kate Yup dan bagaimana kondisinya saat ini.


Cheers.

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak