Mengenal PhotoScape Untuk Keperluan Sunting Foto


Mengenal PhotoScape Untuk Keperluan Sunting Foto. Aplikasi sunting foto mana yang kalian pakai? Tentu rata-rata bakal menjawab Photoshop. Selalu iri kalau melihat orang-orang pamer foto atau pamflet hasil sunting di Photoshop karena sampai saat ini saya belum bisa menggunakannya. Kata orang-orang yang mahir memakai Photoshop, aplikasi sunting foto yang satu itu sangat mudah digunakan dan hasilnya luar biasa oke. Tapi bagi saya yang gaptek, menggunakan Photoshop sering bikin puyeng. Pada akhirnya saya tetap dan betah menggunakan aplikasi sunting foto yang sejak dulu terpasang di laptop. Apa lagi kalau bukan PhotoScape! Lagi pula Google PlayStore menawarkan begitu banyak aplikasi sunting foto di Android. Tinggal unduh, pasang, pakai. Selesai. Jauh lebih mudah dan bisa dilakukan di mana pun tanpa harus menenteng laptop.

Baca Juga: Ternyata Ada Teknologi Self-Sanitizing Door Handle Loh

Saya sudah pernah menulis sedikit tentang PhotoScape dalam pos berjudul 1 Video, 3 Aplikasi. Tapi pada pos itu saya menggabungkan tulisannya dengan dua aplikasi lain selain PhotoScape yaitu Sony Movie Studio Platinum (SMSP) dan ProShow Producer. Hari ini, marilah kenalan lebih jauh dengan PhotoScape. 

PhotoScape merupakan program pengeditan grafis yang dikembangkan oleh MOOII Tech, Korea Selatan. Kalian ingat Larva? Iya, animasi kocak itu diproduksi oleh Tuba Entertainment yang juga berbasis di Korea Selatan. Aplikasi ini dirilis tanggal 28 Mei 2008. Seperti yang dilansir oleh Wikipedia, Konsep dasar PhotoScape adalah 'mudah dan menyenangkan', memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengedit foto yang diambil dari kamera digital mereka atau bahkan ponsel. PhotoScape menyediakan antarmuka pengguna yang sederhana untuk melakukan peningkatan foto umum termasuk penyesuaian warna, memotong, mengubah ukuran, mencetak, dan animasi GIF. PhotoScape beroperasi pada sistem Microsoft Windows dan Mac, dan tidak tersedia di sistem Linux. Bahasa default adalah Bahasa Inggris dan Korea, dengan paket bahasa tambahan tersedia untuk diunduh. Untuk Windows 7 seperti yang saya pakai, bisa menggunakan yang versi 3.6.5.

Kalau kalian membuka situs PhotoScape maka tampilannya akan langsung menampilkan fitur-fitur yang ditawarkannya seperti berikut ini:


Banyak sekali fiturnya PhotoScape ini antara lain: Photo Viewer, Photo Editor, Photo Batch-Editor, Page Creator, GIF Animation, Featured Printer, Screen Capture, Color Picker, RAW Converter, Face Finder, hingga Screen Capture. 

Cara kerja PhotoScape sangat mudah. 

Pertama: buka aplikasinya seperti pada gambar berikut:


Kalian akan langsung diantar pada tampilan seperti berikut ini:


Mau meng'apa'kan foto kalian, silahkan lihat menu pada lingkaran menu layanan itu, atau pada bagian deretan menu bagian atas. Menu-menu utama antara lain PhotoScape, Penilik, Editor, Editor Tumpak, Halaman, Gabung, GIF Animasi, Cetak, Bantuan.

Pada bagian menyunting foto (Editor), kalian bisa memilih foto yang mau disunting melalui folder-folder pada sebelah kiri, dan bilah penyuntingan pada sebelah kanan. Menu menyunting foto ini menyediakan begitu banyak fitur seperti memotong, mengatur ulang ukuran, kontras, mempertajam warna, mempertajam gambar, tapis (foto bisa dibikin a la vintage hingga vignetting), menambah gambar dan objek (tulisan, baloon/quote, foto, ikon bawaan, dan lain sebagainya), clone stamp, dan lain sebagainya. Pada menu ini juga kalian bisa menempelkan sekalian menyunting hasil screenshoot yang di-paste ke situ dan menyimpannya.


Membikin halaman merupakan menu yang juga sering saya gunakan. Klik menu Halaman, silahkan pilih template dan ukuran serta warna latarnya, dan tambahkan foto-foto yang kalian inginkan.


Mudah sekali memakainya!

Untuk penyimpanan ada JPEG, BMP, PNG, GIF, dan TIFF.

Baca Juga: Proshow Aplikasi Sunting Video Jadul Tapi Menarik Diulik

Saya sangat menyukai PhotoScape karena kemudahan menggunakannya atau memakainya. Tidak perlu harus menjadi seorang profesional. Hahaha. Dulu, saya paling sering mengutak-atik foto menggunakan PhotoScape, sekarang sih juga sering tapi hanya untuk keperluan nge-blog dan nge-Youtube saja. Alkisah, hasil sunting di Canva versi laptop sering saya screenshoot lantas ditempel di PhotoScape dan menyuntingnya, baru kemudian disimpan untuk keperluan nge-blog dan nge-Youtube. Nanti deh saya bikinkan video tata caranya hehehe.

Semoga pos ini bermanfaat terutama bagi kalian yang sama gaptek-nya dengan saya. Percayalah, memakai PhotoScape itu super mudah!

#SelasaTekno



Cheers.

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak