Lagu-Lagu Ini Punya Kembaran


Waktu masih siaran di Radio Gomezone FM saya pernah membawakan program tentang lagu-lagu Indonesia yang dicurigai memplagiat lagu-lagu mancanegara. Ingat, ada kata dicurigai. Jadi bukan berarti saya langsung menuding lagu-lagu tersebut memplagiat karena toh saya sendiri tidak punya ilmu yang mumpuni untuk menuduh musisi A memplagiat karya/lagu musisi B, C, dan D. Tapi sebagai penikmat musik masa kini yang trendi dan bergaya bersama dinosaurus, saya tahu kemiripan antara lagu dari musisi A dengan musisi B, C, dan D. Hanya saja, pekerjaan yang berhubungan dengan mendengarkan lagu setiap hari selama berjam-jam itu membikin saya senyum-senyum sendiri ketika kuping mulai menangkap kemiripan antara lagu yang satu dengan lagu lainnya.

Baca Juga : Bermain Diksi dalam Kondensat

Menariknya, dari situs Okezone, pengamat musik Deny Syakrie berkata bahwa aturan delapan bar itu lama dan masih kontroversial sampai sekarang. Menurut Deny, kalau ada musisi yang menggunakan dua bar saja dari lagu orang lain tapi dimainkan secara berulang-ulang dan mirip ya itu sudah bisa dibilang menjiplak. Atau memplagiat. Tapi berdasarkan informasi dari situs ini, James F. Sundah mengatakan bahwa sebuah lagu dikatakan memplagiat tidak berpatok dari delapan bar saja, karena banyak lagu yang akhirnya memplagiat sebanyak tujuh bar untuk menghindari delapan bar tadi. Salah satu hal yang penting dan disebut substantial part adalah bagian terpenting dalam musik yang pernah dikenal orang. Jadi, hati-hati ya. Setiap lagu punya ciri, jangan sampai kalian membikin lagu yang intronya mirip Tokyo Drift mili Teriyaki Boyz. Meskipun hanya tujuh bar, kalian sudah bisa dikatakan memplagiat. Karena intro Tokyo Drift itu sesuatu yang sulit dilupakan orang.

Lantas, apa itu bar?

Dari situs ini dan juga bisa kalian cari di situs lainnya, bar adalah frase musik dalam lagu yang terdiri dari beberapa beat. Satu bar pada lagu komersial umumnya memiliki empat beat sehingga terdiri dari empat ketukan. Bagian-bagian lagu seperti verse dan chorus, biasanya diukur menggunakan bar yang umumnya selama delapan sampai enam belas bar. Untuk lebih jelas lagi, silahkan tanyakan pada teman kalian yang musisi atau sering bermusik.

Baca Juga : Ribut Berarti Mati dalam A Quiet Place

So ...

Jauh sebelum orang-orang sadar, eh gaya banget saya menulis ini hahaha, saya sudah tahu lagu Pacarku oleh Puput Melati itu memplagiat Hotel California milik Eagle. Wah, langsung menuduh? Iya, kalian bisa dengarkan sendiri. Itu bukan lagi delapan bar tapi keseluruhan lagu termasuk bagian terpenting yang pernah dikenal orang. Dududud. Tapi hanya lagu itu yang saya tulis memplagiat, lagu lainnya berikut ini saya tulis kembaran, karena saya tidak punya kapasitas untuk menulis mereka memplagiat.

Yang mengejutkan saya ketika mulai meriset lagu-lagu Indonesia yang punya kemiripan signifikan dari lagu-lagu mancanegara dan/atau lagu lain, juga diskusi bersama teman-teman radio, adalah D'Massive. Sebagian besar lagu-lagu mereka mempunyai kemiripan yang sulit dielakkan dari lagu-lagu yang sudah duluan ada. Diantaranya adalah Cinta Ini Membunuhku dengan I Don't Love You milik My Chemical Romance, Diam Tanpa Kata dengan Awakening milik Switchfoot, Dilema dengan Soldier's Poem milik Muse, sampai Tak Pernah Rela dengan Is It Any Wonder milik Keane. 

Tidak hanya D'Massive, Hello Band juga punya beberapa lagu yang kembaran sama lagu lainnya. Pejuang Cinta misalnya, begitu kembarnya sama Makes Me Wonder milik Maroon 5. Kalian pernah dengar lagu Never Be The Same Again yang dinyanyikan Mel C (from Spice Girls)? Kalau belum, coba didengarkan kemudian lanjutkan dengan lagu berjudul Bunga milik Bondan feat Fade2Black. Atau dengarkanlah lagu milik Grabielle yang berjudul Rise, lalu dengarkan lagu Kau Cantik Hari ini milik Lobow. Anyhoo saya suka banget sama Rise yang dinyanyikan Gabrielle ini, pesannya dalam.

Vierratale yang dulunya bernama Vierra saja, punya satu lagu yang kembaran banget sama lagu Rooftops milik Lostprophets. Lagu itu berjudul Dengarkan Curhatku. Yuhuuu itu single mereka yang dulu suka banget saya dengarkan meskipun kata teman-teman tidak cocok sama usia. Epen lah hahaha.

Tapi di luar dari itu semua, menurut saya, kemiripan itu (apalagi memplagiat) kadang tidak bisa dihindari karena yang namanya solmisasi ya hanya itu: do re mi fa sol la si (do). Kunci pun yang itu saja seperti D, G, C, F, dan seterusnya yang membentuk akord. Kalau nada dasarnya diubah, kata orang Ende: main dari mana? Dari D atau dari C?, maka akordnya pun berubah. Ya begitu-begitu saja. Kemiripan sulit dielakkan.

Baca Juga : TIKIL, Kami Antar Kami Nyasar

Sebagai orang yang juga suka membikin lagu, karena urusan penciptaan adalah milik Allah SWT, kesulitan agar lagunya tidak diolok memplagiat juga terjadi. Sekitar dua puluh lagu sudah dibikin baik sendiri, bersama Cendaga Band, maupun bersama Notes (Noel Fernandez & Tuteh Pharmantara Side Project). Paling enak bikin lagu bareng Noel, dia punya banyak referensi, mulai dari Jimi Hendrix, Nirvana, The Beatles, dan lain sebagainya. Soalnya dia juga gemar banget dengerin musik berjam-jam. 

Para musisi juga lebih kreatif. Semakin ke sini kalian pasti pernah dan/atau sering dengerin lagu-lagu yang dicover atau dibikin ulang musiknya. Salah satunya adalah lagu bergaya vintage. Apa sih itu? Nanti doooonk kita bahas di lain kesempatan. Hehehe.

Bagaimana, kawan? Pernah dengar lagu yang mirip atau terdengar tidak asing di telinga? Bagi tahu donk di komen :)

Happy weekend.


Cheers.

13 Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

  1. hahaha iya emang banyak banget yang mirip-mirip lagunya. itu penyanyi dangdut yang lagi tenar juga malah mirip banget lagunya sama lagu jepang, dari awal sampe akhir malah miripnya. Cuma bener sih, tangga nada cuma 7, cuma kalo urutannya sama dari awal sampe akhir ya tak paham lah disebut apaan. hahaha

    BalasHapus
  2. Hahahah itu dia, mau nulis memplagiat kan enggak enak rasanya :D jadi nulis kembaran saja dengan tangga nada yang cuma 7 itu :D

    BalasHapus
  3. Oooh pantaas ...
    Sekarang aku tau jawabannya kalau .., suara kak Tuteh itu bagus banget [ dari channel youtube ] ternyata oh ternyta seorang penyiar radio dan punya group band.
    Waah kereeen ... 👏👏

    Dari dulu aku juga sering mengamati banyak banget lagu Indonesia hasil nyerempet mirip banget dengan lagu asing.
    Ngga cuma dari lagu barat, lagu dari Mandarin juga banyak banget ditiru.
    Ada yang mentah-mentah sama persis.
    Entah itu hak ciptanya gimana prosedurnya.

    BalasHapus
  4. Waaaah mba dulunya penyiar? Aku juga lho haha. Walau jarang siaran skrg hiks. Karena jarak dan waktu hehe. Sepakat mba urusan penciptaan adalah urusan Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horeee *toss* Sama sekarang nggak siaran lagi. Betul penciptaan urusannya Allah SWT 🤗

      Hapus
  5. Mbaaak kamu multi talenta sekali. Apa ajaa bisa. Luaar biasaa.. !

    BalasHapus
  6. Sependapaattttt sama mas himawan. Kak Tuteh keren gilaaaa eh kereen abissss maksudnya kak. Huihuiii...

    Idola banget lah soal pengetahuan musiknya kak tuteh. Betewe, kusuka hotel california kak, tapi baru tau ada yg mirip2 lagu itu, hehehe makasih ini tulisan menambah noulej akuh 😇😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe itu hasil meditasi ratusan tahun di Gunung Gede 🤣🤣🤣🤣 ... cuma karena kebiasaan mendengar ini jadi bisa tahu tahu, tapi banyak loh yang saya sendiri juga tidak tahu 😂

      Hapus
  7. Ahai.... kagak tahan sama foto sampulnya beb :)

    BalasHapus
  8. Kalau soal lagu emang aku pernah denger sih, Teh ya gitu ada yang sama persis. Meskipun gak tau artinya tapi nadanya hampir sama.

    Nah lagu hotel california dulu sering dengar juga saya, tapi sekarang udah lama gak denger. Entahlah karna baca ini sekarang saya sedang dengerin lagunya kembali, Teh. Seperti nostalgia ini..hehe

    Soal lagu sepertinya teh Tuteh ini juara banget :)

    BalasHapus
  9. @Andi Nugraha :
    Begitulah hahaha mau nulis plagiat kan nggak enak, karena kapasitas saya tidak sampai ke situ hahahaha :D Qiqiqiq Hotel California itu emang keren lagunya, nggak bakal bosan, dan coba dengar Love Will Keep Us Alive. Juara!

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak