Mereka Harus Kuasai Semua Ini Sebagai Modal Terjun Ke Masyarakat

 


Suatu kali, di sela-sela kelas/kegiatan UKM Jurnalistik Universitas Flores (Uniflor) saya bertanya pada mahasiswa/i. Sebenarnya ini pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban.

"Seorang HRD dihadapkan pada dua map berisi lamaran kerja. Yang mana akan menarik perhatian dia? Map yang hanya berisi ijazah atau map yang berisi ijazah, sertifikat mengetik sepuluh jari, sertifikat pernah mengikuti serangkaian kegiatan UKM Jurnalistik, dan sertifikat lainnya?"

Mereka tersenyum. 

Dan kita tahu jawabannya. Jika ... jika tidak ada kekuatan orang dalam 😁

Sejak dibentuk, kemudian di-SK-kan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Uniflor Bapak Dr. Mansyur Abdul Hamid, S.E., M.M., UKM Jurnalistik Uniflor menjadi 'tempat' baru saya untuk bersenang-senang dengan soft skill. Saya menyusun banyak program/kelas untuk mereka terkait apa saja kebutuhan masyarakat (dunia kerja), berdasarkan pengalaman pribadi dan survei pada teman-teman pemilik usaha. Jika dipikir-pikir, betapa beruntungnya anggota ukm yang satu ini. Sekali merengkuh dayung, bisa sepuluh pulau terlampaui. 

Apa saja program/kelas UKM Jurnalistik?

Kelas #1 - MENULIS KREATIF DAN TEKNIK MENULIS 3 PARAGRAF.

kelas #2 - DASAR-DASAR JURNALISTIK.

Kelas #3 - PUBLIC SPEAKING (REPORTASE).

Kelas #4 - FOTOGRAFI.

Kelas #5 - VIDEOGRAFI.

Kelas #6 - PODCAST & HOST.

Kelas #7 - MEMBUAT BULETIN.

Kelas #8 - MENGELOLA WEBSITE PRODI.

Kelas #9 - BLOGGING IS FUN AND EASY.

Kelas #10 - MENGETIK 10 JARI SISTEM BUTA.

Sembari itu, anggota UKM Jurnalistik Uniflor juga diberikan kesempatan untuk 'turun lapangan' alias praktek langsung melalui peliputan kegiatan kampus dan belajar podcast setiap kali tim Podcast Gesa taping. Mereka bisa langsung menyusun berita, atau menyusun resume (data mentah) yang akan dibuatkan berita yang mana seiring berjalannya kelas demi kelas mereka malah sudah jago menulis berita. Oh ya, untuk Kelas #10 - Mengetik 10 Jari Sistem Buta dilakukan hampir setiap hari, per hari 2 orang, sehingga kelas ini bisa bersamaan dengan kelas-kelas lainnya.

Jika mahasiswa/i memang ingin bisa menguasai banyak hal, maka mereka harus belajar banyak hal pula. Terus belajar mengenal hal-hal baru, dan tentu saja harus berlatih. Tidak ada yang instan di dunia ini. Percayalah, hasil tidak mengkhianati usaha.

Ingat prinsip saya, "Semua dimulai dengan tulisan."


Cheers.

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak