Lagi Kita Belajar: Blogging is Fun and Easy

 


Hari ini, pagi-pagi sekali saya dan Buya sudah berangkat ke Desa Ondorea Barat untuk meliput kegiatan penelitian dan abdimas oleh Tim yang lolos hibah dari Kemendikbudristek RI. Setelah makan siang, menjelang sore, kami pamit pulang kembali ke Kota Ende karena saya sudah berjanji untuk mengisi kelas sebagai praktisi di Program Studi (Prodi) Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Flores (Uniflor). Ini kelasnya Bapak Dr. Mansyur Abdul Hamid, M.M. Sebelumnya saya juga mengisi kelas Bapak Ferdy Lidang Witi, S.E., M.Kom. di Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi. Mata kuliahnya E-Commerce.

Kembali ke perjalanan tadi, Alhamdulillah masih bisa istirahat sejenak setelah tiba di Kota Ende, sebelum angkut laptop menuju kampus.

Coba deh baca ini: Teknik 3 Paragraf Bagi Blogger Pemula.

Awalnya saya menyangka kelas akan berjalan biasa-biasa saja karena mungkin mahasiswa/i sudah kurang tertarik sama dunia tulis-menulis alias lebih suka jadi vlogger ketimbang blogger. Tapi ternyata sangkaan itu salah besar. Mereka sangat tertarik dengan dunia blog dan semua berlomba-lomba membikin blog di platform Blogger menggunakan telepon genggam. Tidak ada kendala apa pun saat kelas berjalan kecuali suara musik yang gedebug-gedebug dari Auditorium H. J. Gadi Djou yang dipakai untuk pesta perkawinan.


Minat mahasiswa menulis begitu besar. Banyak yang berpotensi menjadi sastrawan. Memang tidak boleh? Ya boleh dooong. Ilmu akademik bisa berdampingan dengan hobi berpuisi, misalnya, sah-sah saja. Orang Ende bilang, sapa mo lawan? Anshy, komisaris kelas ini, ternyata dia jago menulis puisi dan pernah mengikuti lomba. Melalui japri kemudian dia banyak bertanya tentang menulis blog, apakah boleh menulis puisi, apakah boleh sehari lebih dari satu postingan, dan lain sebagainya. Ya tentu boleh. Dulu waktu awal ngeblog saya bisa menulis tiga tulisan dalam sehari. Padahal waktu itu yang ditulis cuma kegiatan sehari-hari saja.


Anshy hanya satu contoh dari sekian banyak peserta di kelas tadi (kurang lebih 20-an mahasiswa). Dan semuanya punya semangat yang sama untuk ngeblog. Tinggal bagaimana nanti caranya belajar menulis kreatif melalui teknik sederhana 3 paragraf. Saya sangat berharap kami dapat bertemu kembali dalam kelas-kelas lanjutan!

Oh ya, waktu mengisi kelas di Prodi Sistem Informasi, saya mengajarkan tentang Foto Produk dan menyunting foto itu di Canva. Menyenangkan? Iya! Superb. Semangat mereka harus kita dukung. Meskipun bukan dosen, tapi saya sangat mau diajak berbagi pengalaman dan informasi di bidang yang memang saya kuasai. Insya Allah bermanfaat bagi orang lain.

See ya next time.

Cheers!

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak