Ocehan Si Bukan Penggemar Sepak Bola: Kejutan World Cup 2022

 


Sejak perhelatan World Cup 1986 saya tergila-gila pada Diego Armando Maradona. Mungkin karena banyak orang yang juga tergila-gila pada pesepakbola asal Argentina tersebut. Momen fenomenal pada babak perempat final saat Argentina bertemu Inggris sampai sekarang dikenal dengan julukan 'Tangan Tuhan'. Maradona mencetak gol menggunakan tangannya. Ini bukan pertandingan voli di mana penggunaan kaki telah disahkan. Wasit yang bertugas saat itu, Ali Bennaceur mengesahkan gol oleh Maradona tersebut. Gara-gara Argentina, atau gara-gara Maradona, pada pertengahan 1990-an saya bangga memakai jersey Argentina yang saya lupa dibelikan Bapa atau Mamatua. Pokoknya jersey itu selalu menjadi andalan saya setiap keluar rumah. Saya tidak pernah tahu/duga bahwa penggemar negara Inggris, misalnya, bakal dengki banget melihat saya memakai jersey Argentina 😅

Ini dia La'eeb Maskot Unik World Cup 2002 Qatar.

Setelah Argentina, berikutnya Brazil. Mungkin karena saya suka warna kuning, akhirnya saya beli juga jersey Brazil. Padahal kalau ditanya nama-nama pesepakbola dunia saya hanya bisa menjawab dua nama Diego Armando Maradona dan David Beckham yang mana keduanya bukan pesepakbola asal negara Brazil 😂 David Beckham pun saya tahu karena dia menikah dengan Victoria, personil Spice Girls. Hanya saja, memakai jersey Brazil juga menimbulkan sedikit kebanggaan karena negara tersebut berhasil menjadi juara pada World Cup 1994 setelah sebelumnya juga membawa pulang World Cup pada tahun 1958, 1962, dan 1970. Brazil kemudian kembali menjadi juara pada tahun 2002.

Dua jersey (Argentina dan Brazil) bukan berarti saya penggemar berat sepak bola. Apa pun tentang dunia sepak bola saya ketahui dari hasil mendengar obrolan orang-orang 😄 Saya akan menyerah total kalau ditanya soal berbagai liga, klub, nama pesepakbola, apa lagi istilah-istilah dalam sepak bola. Please, tanyakan atau obrolkan bersama para penggemar sepak bola.

Sedikit tidaknya tahu soal sepak bola dari mendengar obrolan orang-orang membikin saya berani berkata bahwa World Cup 2022 di Qatar memang penuh kejutan. 

Kejutan pertama: kemenangan Arab Saudi atas Argentina. Arab Saudi berasal dari Benua Asia yang jarang diperhitungkan dalam dunia sepak bola. Arab Saudi jadi tim Asia pertama yang berhasil mengalahkan Argentina dalam sejarah Piala Dunia. Arab Saudi mengejutkan penggemar Argentina karena dalam pertandingan pembuka grup C pada 22 November 2022 (tanggal cantik) di Lusail Iconic Stadium, Arab Saudi mengalahkan Argentina (Arab Saudi 2-1 Argentina). Arab Saudi juga memutus rekor Argentina yang tidak terkalahkan selama 36 pertandingan.

Kejutan kedua: juga datang dari Benua Asia. Bukan, bukan Indonesia 😂 Matchday ketiga babak penyisihan grup H merupakan pertandingan antara hidup dan mati bagi Korea Selatan. Korea Selatan mengalahkan Portugal. Demikian pula Jepang yang mampu mengalahkan Jerman (Jepang 2-1 Jerman). Kekalahan ini menjadi salah satu alasan Jerman gagal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Kejutan ketiga: adalah kejutan paling fenomenal dari Tim Nasional Maroko, sebuah negara di Benua Afrika. Maroko mengalahkan Portugal, Spanyol, dan Belgia. Belgia memang jarang saya dengar namanya dari omongan orang-orang. Tapi Portugal dan Spanyol adalah dua nama Tim Nasional yang sering dibicarakan dan memang sudah mencetak nama besar. 

Benar kalimat ini: jangan pernah meremehkan karena bisa saja yang diremehkan adalah yang harus diperhitungkan.

Hmmm Steward Dalam Sepak Bola Bukan Nama Orang.

Meskipun bukan penggemar sepak bola tapi seru sekali mendengar obrolan orang-orang tentang olah raga yang satu ini. Paling senang melihat status-status Facebook antara penggemar negara satu dengan penggemar negara lainnya. Kadang penggemar dari negara yang sudah angkut koper harus berkoalisi dengan penggemar negara yang masih bertahan hingga ke babak final. Lucunya, sampai ada mims menggelitik. Hiburan memang datang dari mana saja. 


Cheers.


Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak