Latihan Pengelolaan Website MIS Fatimiyah Ende

 


Menyampaikan informasi masih menjadi keresahan sebagian orang. Bagaimana caranya? Bagaimana memulai? Bagaimana struktur penulisannya? Dan keresahan-keresahan lainnya. Hari ini Sabtu 15 Oktober 2022, saya berkesempatan bertemu dengan guru-guru atau sering disapa ustadz dan ustadzah di MIS Fatimiyah Ende. Pukul 15.40 WITA saya tiba di sekolah yang terletak di belakang Hotel Syiva ini. Memasuki lorong berkelok, di tengah perumahan warga, berdiri gagah bangunan dominan warna hijau. Suasana menyenangkan, bersih, rapi, dan indah.

Ayo belajar menulis Teknik 3 Paragraf Bagi Blogger Pemula.

Adalah Ustadz Nurdin Hasan, guru mengaji dan penceramah hari pernikahan saya, menjabat sebagai Kepala Sekolah/Madrasah. Di ruang pertemuan MIS Fatimiyah, Ustadz Nurdin memperkenalkan saya di harapan guru-guru. Ah, jadi malu 😂 Padahal saya kan malu-maluin 😁

Mengelola website meskipun berbasis blog, membutuhkan keseriusan. Ini bukan masalah siapa bisa, dan siapa tidak bisa. Tapi masalah kebiasaan. Orang bisa, itu karena tahu dan menjadi terbiasa, makanya dia bisa. Baru tahu bukan berarti tidak bisa. Insya Allah bisa. Dan karena banyak hal yang harus dipelajari dari pengelolaan sebuah website, tadi kami baru belajar tahap paling dasar yaitu cara menulis dan mempublikasikan artikel.

Menulis berita tentang kegiatan sekolah tidak dapat dipandang sebelah mata. Meskipun tidak/belum sempurna, kita harus tetap memperhatikan kaidah 5W 1H. Agar pembaca tahu apa kegiatannya, di mana kegiatannya, kapan kegiatannya, siapa yang terlibat, alasan kegiatan dilaksanakan, serta bagaimana kegiatan berlangsung. Beda sama artikel opini yang cenderung menyampaikan pendapat personal.

Kenapa tidak mau baca ini? Bagus loh Edit Gambar for Dummies.

Ternyata guru-guru sangat mudah memahami dan langsung praktek menulis artikel dengan sisipan gambar utama. Tidak lupa label agar artikel mudah ditelusuri. Kegiatan MIS Fatimiyah seabrek! Rugi kalau tidak dipublikasikan. Biarkan lebih banyak orang tahu tentang kegiatan-kegiatan bermanfaat sekolah, dan itu menjadi salah satu media promosi yang paling jitu.

Terima kasih Ustadz Nurdin atas kesempatannya. Terima kasih, guru-guru MIS Fatimiyah. Mari kita maju bersama. Revolusi Industri 4.0 Society 5.0!

Mudah-mudahan kegiatan tadi bermanfaat.


Cheers. 

2 Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

  1. Waahhh keren banget. Terima kasih sudah menjadi pemateri untuk guru guru MIS Fatimiyah Ende. Semoga Ilmu nya berkah Amin.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak