Keseruan Malam Deba dan Malam Pacar

 

Dalam tradisi Suku Ende, khususnya yang beragama Islam, sehari sebelum acara pernikahan dilaksanakan malam deba dan malam pacar

Baca edisi pernikahan Hamka dan Tuteh salah satunya tentang Mendi Belanja Dalam Tradisi Suku Ende.

Penulisannya diba'. Kami menyebutnya deba. Bapak-bapak dari dua masjid diundang untuk kegiatan malam deba ini. Dari Masjid An-Nur di Puunaka dan Masjid Darul Yaqin di Aembonga. Wah ramai rumah saya malam itu. Terima kasih bapak-bapak semuanya. Sesuatu yang luar biasa karena Pohon Tua, rumah kami, satu-satunya Muslim di kompleks kami. Tetangga/panitia juga turut senang duduk-duduk di bawah tenda, menunggu hingga kegiatan selesai.




Sebelum kegiatan deba dimulai, sudah datang pula Ummuzy (kita panggil Kakak Ummu) buat pasang hena. Alhamdulillah kamarnya sudah selesai dihias sama Solihin, Kiki Abdullah, dan Indah Abdullah.


Henanya cantik sekali. Meskipun untuk mendapatkan hasil secantik itu saya harus rela duduk berdiam diri hahaha. Hena ini nanti keesokan sore pas dirias untuk akad nikah, ditambah lagi dengan hena putih dan ornamen lain yang semakin mempercantiknya. 




Sampai menangis gitu gara-gara dikasih hadiah gelang sama bibi Nona (Yusti Ambuwaru). 

Pada malam deba dan malam pacar, isteri dari saudara sepupu juga datang membawakan kado yang umumnya adalah sarung tenun ikat dan kain bakal baju Ende. Tapi tidak hanya isteri dari saudara sepupu, karena ada keluarga yang juga datang membawa kain tenun ikat. Hwah, koleksi saya tambah banyak 😁 Terima kasih ya, semuanya. Tidak dapat saya membalasnya.





Dan tidak lupa Encim and the Geng. Harus ikut naik ranjang! Termasuk dua dari kami ber-enam: Cesar dan Guntur 😂








Lagi dan lagi. Saya merasa dikelilingi oleh cinta. Begitu besar cinta mereka pada saya, sampai-sampai saya bertanya pada Allah SWT, apakah saya pantas menerima semua ini? Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan kalian dengan kebaikan yang lebih lebih lebih dan lebih pula.

Juga seru dari pernikahan Hamka dan Tuteh Cerita Prewed Yang Haha Hihi.

Love you all.

23 Juli 2022 | #LifeIsGood | #AtaNika


Cheers.

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak