Refleksi Adalah Bekal Untuk Bergerak Maju


Mengawali tahun 2024 dengan refleksi, sebuah bekal bernalar untuk bergerak maju. Ini benar. Apa pun yang akan kita lakukan, sebaiknya berkaca dulu pada apa saja yang telah terjadi sebelumnya, agar yang buruk tidak terulang dan yang baik dapat ditingkatkan. Contoh paling sederhana adalah diri saya sendiri. Ketika Rumi pergi saat masa kandungan empat bulan gara-gara diabetes (menyebabkan gizi ibu tidak tersalurkan ke janin) pada April 2023, maka saya harus menurunkan kadar gula dalam darah jika hendak program hamil lagi.

Refleksi. Mungkin terlihat sepele bagi sebagian orang. Ah, biarkan hidup berjalan apa adanya. Tapi ingatlah, hidup pun perlu rekayasa melalui rencana, jika ... jika kita memang menginginkan hidup yang baik. Hidup manusia adalah hadiah dari Allah SWT, manusia diberi akhlak untuk berpikir tentang hadiah ini, mau jadi baik atau buruk.

Tidak perlu berpanjang prosa.

Apa refleksi kalian dari tahun kemarin?

Dan perkenankan saya mengakhiri artikel ini dengan kalimat bagus yang satu ini:

"Untuk mencari apa yang mereka tak miliki dan tak butuhkan, mereka mempertaruhkan apa yang mereka miliki dan butuhkan. Itu sangatlah bodoh. Benar-benar bodoh." ~ Warren Buffet.

Tetap nge-blog!


Cheers.

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak