Pemegang Tahta Setelah Ratu Elizabeth II

Gambar diambil dari CNBC.
 

Kabar mengejutkan datang dari Kerajaan Inggris. Ratu Elizabeth II dikabarkan meninggal dunia pada Kamis, 8 September 2022, di usia 96 tahun. Setelah naik takhta pada tanggal 6 Februari 1952, Ratu Elizabeth II menjadi Ketua Persemakmuran sekaligus ratu dari tujuh Alam Persemakmuran (Commonwealth Realms) merdeka, yaitu: Britania Raya, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Pakistan dan Sri Lanka.

Boleh banget dibaca:

Sebuah Buku Tentang Menghormati Diri Sendiri.

Rest in Peace Her Majesty Queen Elizabeth II. Deepest Condolences to the rest of Royal Family.

Masyarakat dunia tentu bertanya-tanya siapa yang akan memegang atau menduduki tahta setelah wafatnya Ratu Elizabeth II. Pertanyaan itu terjawab sebagaimana yang diberitakan oleh CNN Indonesia berikut ini:


Jujur, sejak kecil saya sudah mengidolakan Putri Diana. Cantik, baik hati, dan fashionable. Begitulah yang digambarkan oleh artikel di majalah langganan Mamatua tersebut. Sayangnya, pada artikel yang sama juga dikemukakan tentang Camilla Parker-Bowles dan hubungannya dengan Pangeran Charles. Sungguh melukai perasaan saya yang kala itu masih anak-anak dan tidak paham apapun tentang cinta.

Dari beragam artikel yang saya baca, dikatakan bahwa Agama Gereja Inggris melarang pengikutnya untuk menikahi janda yang mantan suaminya masih hidup. Namun apa sanksinya jika hal itu terjadi? Nanti akan saya cari tahu. Hanya saja dari artikel-artikel tersebut dinyatakan bahwa jikalau Pangeran Charles lancar jaya melenggang menjadi seorang raja nantinya maka ia akan menjadi pemimpin tertinggi agama tersebut. Jelas ini sangat tidak baik bagi kelangsungan aturan kerajaan dan juga agama.


Namun, berdasarkan Hukum Umum (Common Law), tahta kerajaan diwariskan kepada keturunan penguasa monarki (anak-anak penguasa monarki) atau kepada garis keluarga terdekat penguasa monarki (ketika penguasa monarki tidak memiliki keturunan). Sehingga, jika menuruti Hukum Umum tersebut, maka tahta otomatis akan jatuh ke tangan anak laki-laki pertama. Dalam hal ini adalah Pangeran Charles.

Selamat jalan Ratu Elizabeth II. Sosok seorang ratu yang murah senyum namun tegas, juga fashionable (seperti Putri Diana), dan mampu menjadi pemimpin sekian lama.


Cheers.

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak