Banyak Peluang Bagi Mahasiswa Unjuk Kemampuan

 


"Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat kamu gunakan untuk mengubah dunia." ~ Nelson Mandela.

Pendidikan itu penting. Bagi saya, pendidikan merupakan modal utama untuk dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi orang lain. Oleh karena itu, saya tidak malu ketika kesempatan untuk kuliah baru datang pada tahun 2013, padahal lulus SMU tahun 1997. Berdamai dengan diri sendiri, menyingkirkan ego, dan menjauhkan diri dari ketamakan pada barang duniawi. Saya giat menabung agar mampu membayar biaya registrasi, biaya SKS, hingga biaya-biaya lain yang perlu dilunaskan sebagai syarat menuju panggung wisuda.

Kegiatan Mencatat bikin kalian jadi lebih cerdas.

Membiayai sendiri kuliah bukan kebanggaan terbesar. Memakaikan toga di kepala Mamatua-lah yang membikin saya menangis. Yaaa bagaimana saya tidak menangis. Mamatua saja menangis 😂 Mamatua memang begitu. Sesuatu yang haru lekas membikin air mata berderai. 

Semasa kuliah saya jarang mengikuti kegiatan mahasiswa, terutama kompetisi, karena berbentur dengan pekerjaan. Kerja pagi, kuliah sore-malam, kerja tugas, selesaikan pekerjaan, semua butuh waktu. Senang sekali melihat teman-teman kuliah yang masih muda-muda itu mengikuti kompetisi ini itu. Mereka hebat.

Tidak ada perbedaan signifikan ketika zaman saya kuliah dan anak-anak zaman sekarang. Tetap melalui proses pendaftaran dan lain sebagainya. Peluang untuk berprestasi juga ada. Pun peluang memperoleh beasiswa. Tapi yang saya lihat di Universitas Flores (Uniflor), saat ini peluang mahasiswa unjuk kemampuan jauh lebih besar. Hal tersebut tidak terlepas dari peran aktif Kantor Kemahasiswaan dan Alumni Uniflor yang saat ini dipimpin oleh Bapak Ilyas, S.Pd., M.Pd., di mana kantor ini berada di bawah Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Uniflor yang saat ini dipimpin oleh Bapak Stefanus Notan Tupen, S.Pd., M.Si.


Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memberikan banyak peluang kepada setiap perguruan tinggi di Indonesia untuk mewakilkan mahasiswa-mahasiswa berprestasinya melalui berbagai ajang tingkat nasional. Adalah Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yang mewadahi semua prestasi pelajar dan mahasiswa di Indonesia. Informasi kegiatan berbagai kompetisi dapat diperoleh melalui surat dari lembaga yang lebih tinggi, maupun melalui situs Puspresnas.

Melalui penelurusan Tim Kreatif Uniflor dalam urusannya dengan pembuatan konten untuk kanal Youtube: Official Universitas Flores, saya jadi tahu banyak tentang sepak terjang mahasiswa Uniflor di ajang nasional. Mulai dari berbagai olimpiade, lomba yang berkaitan dengan pengabdian pada masyarakat, lomba duta kosmetik, lomba yang berhubungan dengan dunia olah raga, hingga Kampus Mengajar. Tentu semua atas bimbingan bapak/ibu dosen yang menduduki jabatan di Kantor Kemahasiswaan dan Alumni Uniflor seperti Bapak Yulius Dala Ngapa, S.Si., M.Si. dan Ibu Maria Goretty Diciloam Bantas, S.Pd., M.Si. yang terus berkoordinasi baik dengan pihak program studi maupun mahasiswa yang bersangkutan.


Jadi jangan takut, di mana pun kalian kuliah, selama kalian memang ingin mengasah kemampuan diri baik akademik maupun non-akademik, carilah Kantor Kemahasiswaan dan Alumni (saya tidak tahu apakah di semua universitas itu nama kantornya sama) untuk mencari tahu informasinya, atau pada kantor program studi kalian menempuh pendidikan. Karena, banyak peluang bagi mahasiswa untuk unjuk kemampuan. Tinggal bagaimana mahasiswanya menyikapi hal ini.

Saya menangis membaca artikel yang saya tulis ini: 001.

Bagi adik-adik mahasiswa baru di Uniflor, selain aktif mencari informasi tentang ajang-ajang keren ini (seperti yang saya tulis di atas), jangan lupa cari pula informasi tentang beasiswa. Karena beasiswa di Uniflor itu berlimpah. Bahkan di tahun 2022 ini, Yayasan Perguruan Tinggi Flores (Yapertif) yang menaungi Universitas Flores, memberikan beasiswa bagi kalian yang meraih ranking. Semakin banyak beasiswa, semakin asyik kan? Ada VDMS, KIP (dulunya disebut Bidikmisi), VDMS, Yapertif, AWK Foundation, dan lain sebagainya.

Yuk ah ... semoga bermanfaat.


Cheers.

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak