Blog It! Pilihan Nge-blog Pakai Smartphone


Sumpah, saya termasuk blogger yang enggan menggunakan smartphone untuk nge-blog. Alasannya? Alasan pertama, nge-blog pakai smartphone itu rempongnya minta ampun. Rempong terkadang bikin darah tinggi, jadi saya harus menghindarinya dari pada nanti smartphone berakhir di lantai. Alasan kedua, Aplikasi Blogger yang diunduh dari Playstore ternyata tidak mampu memenuhi keinginan saya sehingga dua hari setelah diunduh, pada tahun 2013 itu, langsung hapus tanpa kompromi. Sudah bisa dipastikan saya selalu nge-blog menggunakan laptop/komputer. Nge-blog di sini artinya mengutak-atik dashboard (tulis pos, balas komen, cek statistik, ganti tema, dan lain-lain), bukan blogwalking. Kalau sekadar blogwalking sih smartphone sudah lebih dari cukup.


Sampai kemudian, baru-baru ini saya coba menggali lebih dalam informasi tentang nge-blog pakai smartphone gara-gara banyak pertanyaan tentang itu dari peserta Kelas Blogging NTT yang tidak semua nge-blog menggunakan laptop. Saya terdampar pada sebuah blog milik seorang blogger bernama Antung Apriana dengan judul pos: [Review] Aplikasi Blogger Pro untuk Ngeblog. Ternyata Antung Apriana juga sependapat dengan saya soal Aplikasi Blogger yang sangat tidak memuaskan, di luar ekspetasi:  

Di playstore sendiri ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk ngeblog. Yang pertama tentu saja aplikasi Blogger yang sayangnya sangat jelek. Lalu ada Blogit!, Blogger Pro dan Blogaway. Keempat aplikasi yang saya sebutkan di atas merupakan aplikasi untuk blog dengan platform Blogspot.

Dari kutipan di atas, kalian sudah langsung tahu bahwa ada beberapa pilihan untuk nge-blog pakai smartphone yaitu BlogIt!, Bloggr Pro dan Blogaway. Tanpa menunggu duit jatuh dari langit, saya langsung mencari BlogIt! di Playstore, mengunduh dan menginstalnya. Jadi kali ini saya hanya bisa bercerita tentang BlogIt! untuk kalian, hehe. Aplikasi lainnya silahkan dicoba sendiri. Ikon BlogIt! dapat dilihat pada gambar di awal pos ini.

Baca Juga : Proyektor Ini Tidak Butuh Layar atau Dinding

Setelah diinstal (ikuti petunjuk termasuk mengijinkan BlogIt! untuk menggunakan file yang ada di smartphone), maka tampilannya seperti berikut ini:



Tampilannya langsung seperti itu (gamblang). BlogPacker adalah nama blog-nya, disusul bagian bawah terdiri dari dua item yaitu Post dan Comments. Artinya BlogIt! memudahkan para penggunanya. Post merupakan tampilan daftar konten blog kita baik yang sudah di-publish, draft, maupun terjadwal. Sedangkan Comments adalah semua komentar dari para pembaca (tanpa menampilkan komentar balasan dari kita), seperti yang bisa dilihat di gambar berikut:




Bagaimanan untuk memulai pos baru? Silahkan klik tanda + pada item Post, sudut kanan bawah. Kalian akan langsung diantar pada form pos seperti pada gambar berikut:


Silahkan isi judul dan isi pos (Post Title dan Write Your Post Here!). Panel pos memang sedikit, seperlunya saja, seperti menebalkan, memiringkan, menggarisbawahi kata/kalimat, ada juga strikethrough, menambah tautan, menambah gambar, serta rata kanan - tengah - kiri (sayang ya tidak ada justify), juga menambah label/tag. Tapi saya pikir, inilah yang paling utama dibutuhkan untuk membuat atau menulis sebuah pos blog. Pada bagian kiri atas ada pilihan untuk mem-publish pos, menyimpannya, dan tiga titik dengan tiga pilihan yaitu Schedule (membuat jadwal pos), Delete (menghapus pos), dan Edit HTML.

Baca Juga : Foto Kreatif Untuk Pos Blog

Awal pos ini sampai satu paragraf saya menggunakan BlogIt!, yang kemudian dilanjutkan dengan laptop. Jadi, saya bisa mengatakan bahwa BlogIt! lumayan kece karena untuk menambahkan gambar, suka-suka saya memilih letak/posisi. Sedangkan waktu pakai Aplikasi Blogger, gambar tidak bisa diatur (selalu di bawah pos). Makanya dua hari saja langsung saya hapus hehe. Tapi kalau ditanya mau pakai BlogIt! atau nge-blog pakai laptop, sekarang saya pikir tergantung situasi. Apabila situasi tidak memungkinkan saya pakai laptop tetapi ide sedang melayang-layang, pasti buka BlogIt! lantas menyimpannya sebagai draft saja. Ide itu nanti bisa diedit saat sedang online menggunakan laptop.

Semakin banyak aplikasi nge-blog pakai smartphone, tentu semakin membantu para blogger memperbarui konten blog mereka. Yaaa pasti lebih semangat kan. 

Nge-blog pakai smartphone ini mungkin akan menjadi salah satu materi Kelas Blogging NTT. Mengingat, peserta sudah sering menanyakannya (dan kami menjawab soal Aplikasi Blogger yang jelek, lebih baik pakai browser saja). Semoga akan lebih banyak peserta yang rajin memperbarui konten. Se-mo-ga!

Baca Juga : Legitnya Xiaomi Redmi 5 Plus

Bagaimana dengan kalian? Lebih suka nge-blog pakai smartphone atau laptop


Cheers.

19 Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

  1. memang jaman yang super mudah, sekarang kegiatan ngeblog bisa dilakukan di smartphone, jadi lebih mudah dan simple :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, kapan saja dan di mana saja kalau nggak bawa laptop, masih tetap bisa nge-blog hehehe.

      Hapus
  2. Dulu saya pake Blog it , hingga suatu hari link gambar yang saya posting dari aplkasi Blog It, hilang ! Cuma muncul tanda peringatan. Kejadiannya gak langsung, jeda beberapa bulan pasca dipublish. Disitu saya merasa sedih. Hiks.. byk yg broken link. Semoga kali ini bugsnya sudah diperbaiki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiks saya juga jadi merasa sedih... semoga nggak banyak yang broken link ya. Kalau soal bugs, saya berharap sudah diperbaiki, oleh karena itu saya mencobanya sekali dua saja, tetap pilihan ngeblognya pakai laptop/komputer.

      Hapus
  3. Adu Ine saya paleng malas ngeblog pakai HP, kecil sekali layarnya. Ada beberapa hal yang buat saya pusing kalau ngeblog pakai HP. Misalnya mau buat bagan agak sulit, saya tidak paham caranya. Jadi biarlah saya menikmati ngeblog pakai HP.

    Soal koment pake, HP. Mungkin saya manusia yang paling gaptek sedunia kali. Pernah komentar di blognya teman, komentar yang terkirim sampai 5 kali, entah kenapa saya pun tidak paham.

    Apakah kita tidak mempelajarinya. Jawabannya harus terus belajar. Jangan menyerah, ini untuk menghibur diri sekaligus memberi semangat pada para sahabat yang mungkin membaca komen saya, karena konteks buta huruf abad 21 bukan tidak bisa membaca dan menulis. Itu zaman dulu, konteks buta huruf zaman now menurut saya adalah ketidakmampuan dalam menggunakan teknologi secara cerdas dan efisien. tetap semangat ine, mari kita berkarya. Terima kasih juga atas postingan ini, hadirnya memaksa saya untuk banyak belajar apa yang kita sebut teknologi. salam damai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah Pak Guru. Yang namanya teknologi terus berkembang dan kita memang tidak wajib mempelajarinya hanya saja perlu untuk tahu agar kelak kalau kepepet bisa memanfaatkannya. Yang jelas terus maju, pantang mundur hahaha.

      Hapus
  4. ahirnya bebeb tau juga rasanya jadi aku... hampir 10 bulan beb.. gak akai aplikasi itu, cuman ngetik di browser di tambah lagi blog ku itu AMP apa gak tambah puyeng tu..

    tapi rasa pengen belajar meski cuma punya hp InsyaAlloh nanti ada hasilnya kan? dan sekarang sih masih asik sama hp ku edit tema dll juga via hp pokoknya full hp, ada lagi andalanku kalau lagi suntuk ngetik di browser ya ngetik di catatan dulu baru di pindah ke browser :)

    sayang bebeb nyerah.. q sudah hampir 1 tahun beb... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perjuanganmu luar biasa, beb :D akyu sudah nyerah duluan kalau pakai HP. Tapi setidaknya jadi tahu soal BlogIt! ketimbang dulu pakai Aplikasi Blogger yang didownload dari Playstore, bikin puyengggg kepala nyut-nyutan :D

      Hapus
    2. pengen kaya blogger wanita yang satu ini meski udah bertahun tahun #tua :p tapi masih eksis kikiki

      Hapus
  5. Hai Kak Tuteh, Im back setelah beberapa hari (atau seminggu lebih ya) nggak main blog hehehe... jadi baru sempat blogwalking.

    Dulu Ajeng sempat pakai app blogger di smartphone Kak, tapi nggak tahu kenapa tetap kembali via dekstop lebih lancar dan nggak ribet panas di jempol. Hehe :DD . Saya kalau mau posting sebenarnya lewat smartphone dan laptop sekaligus loh. pertama upload fotonya dulu via hp (karena tersimpan dan diedit di HP hihi) kemudian save draft deh dan diedit kembali via laptop untuk selanjtnya dipublish. Keliatannya ribet ya hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dirimu sibuk apaaaa heheheh :D

      Nah! Kita *toss* dulu. Sama saya juga begitu, Jeng. Pakai blogit, terus edit dan finishingnya tetap pakai laptop.

      Hapus
  6. Seperti itulah ceritanya... saya pun sering mengalami hal serupa tapi trik lain dengan menggunakan browser, tapi sekarang bisa lancari ngebloga dengan Aplikasi Blog Italia, terimakasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Warman hehe. Saya msih setia pakai laptop kalau ngeblognya :D

      Hapus
  7. ya, saya termasuk yang "gagap" teknologi...hehehe
    Happy Thursday

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga gagap teknologi :D tapi kan kita sama-sama belajar :) happy blogging! :*

      Hapus
  8. Waahh mau install juga ah. Saya juga bete banget mbak sama aplikasi Blogger.
    makasih yaaa mbak infonyaa

    BalasHapus
  9. tetap pake laptop lebih leluasa kak...tapi kalo lagi urgent, biasanya aku buat di note dulu , setelah kelar tulisan baru aku copi paste ke blog, dan tambahkan foto, langsung publish..cuma itulah kalo pake hape..mesti sabar karena gak bisa sebebas laptop/pc ngetiknya..heheh

    BalasHapus
  10. Saya finishingnya pakai laptop, tapi kalo masalah inspirasi tergantung situasi aja...

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak