Spesialis Belakang Layar

 

Minus Pa'e & Muamar.

Dibentuk minggu kedua Januari 2022, kami secara resmi dipindah dari unit sebelumnya. Sebenarnya tim ini sudah terbentuk sejak tahun 2021, tetapi kemudian dikerucutkan menjadi empat orang meskipun dalam melakukan pekerjaan kami tetap solid berenam: saya, Om Ihsan, Cesar, Guntur, Pa'e, dan Muamar. Ditambah dua spesialis depan layar, host kece kami, Ririn dan Mentari.

Sudah baca yang ini? Pesona Tebing Kars Kota Jogo

Secara spesifik kami diberi tupoksi memproduksi video untuk kanal Youtube: Official Universitas Flores. Yess, bagi kalian yang pernah tahu tupoksi saya sebelumnya, sekarang sudah jelas ya. Saya tidak lagi bertanggungjawab pada berita-berita tentang Uniflor. Apakah pekerjaan yang sekarang lebih menyenangkan? Ah, yang namanya pekerjaan itu sama saja. Harus dijalani dengan sungguh. Karena jika kita bekerja dengan senang hati, maka hasilnya insha Allah baik.

Setiap hari kami dalam seminggu, kami wajib memproduksi setidaknya satu video. Lebih dari satu apakah boleh? Boleh saja. Sesuai situasi dan kondisi. Maksudnya, untuk kegiatan-kegiatan di luar jadwal mingguan, kami berkewajiban melakukannya.

Produksi video tidak semerta-merta langsung taping/syuting. Ada banyak kegiatan sebelum sebuah video diunggah di kanal Youtube kami. Pertama: penentuan tema dan narasumber. Kedua: menghubungi narasumber yang bersangkutan. Ketiga: menyusun skrip (ini tugas saya, hahaha). Keempat: persiapan device yang digunakan (kamera, tripot, kartu memori, dan lain sebagainya. Kelimat: proses taping. Keenam: sunting. Ketujun: unggah. 

Dilakukan dalam satu minggu dengan jadwal unggah setiap Sabtu pagi.

Baca ini juga yuk! Sejuta Pesona Desa Detusoko Barat.

Ada banyak hal baru yang saya pelajari. Termasuk aplikasi sunting video yang tidak cuma satu. Biasanya pakai Vegas 13, sekarang pakai Vegas Pro 18, dus belajar aplikasi lain seperti DaVinci Resolve, Adobe Premiere, sampai Wondershare yang dikenal dengan nama Filmora itu. Saya juga harus menggali lebih dalam tentang website-website yang bisa digunakan untuk menyempurnakan video yang dibikin/disunting. Lumayan. Lumayan melelahkan karena sudah setua ini harus belajar banyak hal baru di dunia videografi.

Untuk melengkapi pekerjaan kami, big-boss menyediakan semua device yang dibutuhkan. Tentang device apa saja yang kami pakai, akan saya bahas di lain postingan.

Yang penting, saya masih tetap ngeblog dan berbagi cerita dengan kalian semua. Hehe.

Cheers.

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak