5 Manfaat Bernyanyi



Matahari belum juga tampak namun kandang ayam sudah gaduh seumpama backstage konser The Script. Setengah tahun sudah penghuni kandang ayam memangkas waktu tidur Rumi. Kadang dia dipaksa terjaga pukul 04.00 oleh latihan vokal ayam jantan peserta Kukuruyuk Idol. Kadang, pukul 03.30 pun matanya wajib membuka tatkala mendengar kotekan lirih seekor ayam yang diduganya itu kotekan ayam betina muda bertubuh seksi yang teraniaya, ditindih penuh dendam oleh ayam betina uzur, akibat perebutan cinta ayam jaman now

Hidup Rumi menjadi lebih sulit sejak Abra memutuskan untuk memelihara ayam kampung. Alih-alih halaman belakang, laki-laki yang dia panggil Baba itu justru memilih bawah jendela kamarnya sebagai lokasi Perkandangan Ayam Permai. Siapa yang bisa membantah keputusan Abra? Sejak Superman belajar terbang sampai Bumble Bee bercita rasa Ironman, belum ada seorang pun yang bisa membantah apalagi mematahkan keputusan Abra, termasuk Nirba. Meminta bantuan kedua abangnya juga percuma. Melalui sambungan telepon dia malah ditertawai oleh Maulana Pua Ndawa dan Jalaludin Pua Ndawa.

Di atas, contoh fiksi tentang penghuni Perkandangan Ayam Permai dengan si jantan sebagai peserta Kukuruyuk Idol. Kaitannya sama pos ini ... sebenarnya tidak ada *muka polos*

Baca Juga: 5 Manfaat Berpikiran Positif

Saya pernah menulis tentang manfaat menari dan manfaat tertawa, saatnya menulis tentang manfaat bernyanyi dalam ajang Kukuruyuk Idol. Pernahkah kalian merasa lega setelah bernyanyi? Apalagi menyanyikan lagu To Love Somebody versi Janis Joplin. Syalala ketje badai Galvenston! Bagi saya bernyanyi merupakan salah satu cara melepas penat. Mau karaokenya eksklusif di D'Twinz atau karaoke di ruangan yang dindingnya bocor (fakir kedap) di Barata, come on let's go. Apakah hanya saya saja yang merasakan lega setelah bernyanyi? Atau kalian juga? Bagi tahu di papan komentar.

Sebelumnya, silahkan nonton dulu video karaokean saya dan Nando berikut ini. Kalau ingin tertawa, kalian wajib menonton videonya, hihi. By the way, mohon maaf ini karaokeannya sebelum saya berhijab.


Berdasarkan pengalaman pribadi dan hasil pencarian di Bobo, Kelas Musik, Informasitips, serta Liputan6, saya menyusun lima manfaat bernyanyi berikut ini. Kata Orang Ende: kita mikser dia.

Mari kita cek.

1. Melatih Pernapasan


Setiap kali bernyanyi dan/atau usai bernyanyi saya merasakan perubahan pada pernapasan. Apakah ini yang dinamakan olah raga saudaraan sama olah vokal? Hehehe. Pada dasarnya bernyanyi memang membutuhkan teknik pernapasan seperti pernapasan dada, pernapasan perut dan pernapasan diafragma. Hal ini disampaikan oleh teman-teman saya anggota paduan suara Spiritus Sanctus seperti Rikyn Radja dan Stanis More. Dari mereka saya belajar banyak teknik bernyanyi termasuk bagaimana membagi suara dengan teman apabila bernyanyi dalam vokal grup.

2. Meningkatkan Kerja Otak dan Jantung


Seperti yang ditulis oleh Bobo: Ketika kita bernyanyi, tanpa disadari yang terjadi adalah oksigen di dalam darah dapat tersalurkan dengan baik. Ini membuat kerja otak semakin meningkat karena lancarnya oksigen yang masuk ke dalam otak. Tidak hanya itu, lancarnya peredaran darah juga meningkatkan sistem kerja jantung.

Kalau boleh saya tambahkan, meningkatkan kerja otak karena otak harus bisa dan tahu nada serta tempo *dijumroh kelapa*.

3. Melatih Otot Perut


Kaitannya melatih otot perut adalah pernapasan diafragma tadi. Menurut Liputan6, Ketika bernyanyi, kita cenderung menghirup banyak oksigen. Bernyanyi juga adalah latihan yang baik untuk otot leher, tenggorokan, rahang, dan wajah.

Dengan bernyanyi akan melibatkan otot di sekitar perut, dan tulang rusuk. Itu adalah daerah yang bekerja keras mengelola inflow dan outflow udara.

4. Membuat Awet Muda


Menurut Bobo, Saat kita bernyanyi, otot-otot di wajah akan tertarik dan bergerak. Ini membuat wajah kita menjadi lebih elastis dan kencang sehingga tidak mudah keriput serta membuat kita terlihat lebih awet muda.

Baca Juga: 5 Obat Wajib Perjalanan Jauh

Selain itu, menurut saya, saat kita menyanyikan lagu-lagu ceria, mau tidak mau wajah kita juga ikut ceria. Coba cari tahu adakah orang nyanyi lagu bahagia sambil nangis tersedu-sedu kayak bocah kehilangan permen satu-satunya. Haha.

5. Melepas Stress


Kalau poin nomor lima ini sih saya alami sendiri. Apalagi kalau pilihan lagunya adalah lagu-lagu berantem. Misalnya lagu What I've Done-nya Linkin Park dinyanyiin pukul 02.00 ;) itu ngajak tetangga berantem. A-se-li!

Mari bernyanyi sebelum bernyanyi diilegalkan. Kamar mandi merupakan tempat teraman untuk bernyanyi karena kotak sabun telah lama pula bosan mendengarkan suara sumbang kita saya.

Bagaimana? Setelah tahu manfaat-manfaat bernyanyi di atas, masihkah kalian ragu untuk bernyanyi? Kalau kalian ragu bernyanyi, khusus saudara/i yang Muslim, mengaji saja. Niscaya sehat dan Insha Allah dapat pahala hehe. Huhuy! Kalau saya sih memang begitu, gemar bernyanyi, merusuhi pengamen, bikin kacau haha. Kata Orang Ende: su tir ada obat laiiii dia tu.

Oia, sebelum lupa, kalau kalian gemar bernyanyi di Smule, coba baca pos dari Kang Maman ini. Siapa tahu kalian berminat membeli perangkat yang bakal mendukung kegiatan bernyanyi tersebut. Lama-kelamaan bisa jadi penyanyi profesional *saya doakan*.

Baca Juga: 5 Obat Sakit Gigi

Semoga bermanfaat :)


Cheers.

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak