Cerita 7 Tahun Lalu di Asean Blogger



Gara-gara Asian Games 2018, saya jadi ingat Asean Blogger 2011. Sabar dulu. Itu Asian dan Asean, beda? Ya jelas beda, satunya pakai 'I' satunya pakai 'E'. Asian merujuk pada negara-negara di Benua Asia, sedangkan Asean merujuk pada negara-negara di Asia Tenggara sesuai kepanjangan Asean yaitu Association of Southeast Asia Nation (Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara). Jelas, Asian Games tidak sama dengan Asean Games / Sea Games. Asian tidak sama dengan Asean.

Baca Juga:

Balik lagi soal Asian Games 2018 yang mengingatkan saya pada Asean Blogger 2011 ...

Pada tahun 2011 Indonesia menjadi tuan rumah kegiatan Konferensi Asean Blogger Community (ABC) atau Asean Blogger Community Conference I. Pertama! Kalau di serial-serial istilah pertama ini disebut pilot (episode pilot). Kalau di komentar pos blog istilah komentar pertama ini disebut pertamax. Hehe. Kegiatan Konferensi ABC dilaksanakan selama dua hari di Museum Pasifika Nusa Dua - Bali, bersamaan dengan KTT Asean yang juga dilaksanakan di Nusa Dua - Bali. 


Hari pertama kegiatan Konferensi ABC 2011 dibuka oleh Menteri Kominfo saat itu yaitu Bapak Tifatul Sembiring dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Duta Besar yaitu Bapak Hazairin Pohan. Kalimat terakhir Bapak Tifatul menutup speech kira-kira seperti ini: ikan hiu minum es puter, thankyou and see you later! Hehe. Tapi intinya adalah pemerintah mendukung para blogger dan ide-iden kreatif mereka demi perkembangan dan kemajuan IT di Indonesia.

Bunda Injul, Bang Agus, Nona Dita, Dari Kamboja, Ehem, Dari Malaysia.

Dimoderatori oleh Om Onno W. Purbo, Kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan blogger dari setiap negara yang mengikuti Konferensi ABC terkhusus dari negara-negara selain Indonesia yaitu dari Thailand, Kamboja, Malaysia, Singapura, Brunei Darusalam, Myanmar, Philipina, Laos, dan Vietnam. Bagaimana dengan peserta dari Indonesia? Terlalu banyak untuk memperkenalkan diri satu per satu, gengs. Hehe. Rata-rata peserta Konferensi ABC memang dari Indonesia. Termasuk saya.


Selain materi dari Mas Donny BU dari ICT Watch Indonesia, peserta kemudian dibagi ke dalam tiga kelompok. 1 2 dan 3 kumulai membacaaaa surat cintaku yang pertamaaaa membikin hatiku berlomba. Masing-masing tiap tiga kelompok itu ditugaskan untuk mencari, menemukan, dan memberikan solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi oleh para blogger. Waktu itu saya sekelompok sama Bang Agus Lahinta, teman ACI Detik Com 2010, dosen Universitas Gorontalo yang empunya Rumah Karawo itu.

Acara hari pertama Konferensi ABC 2010 memang padat banget. Setelah mempresentasikan hasil tugas masing-masing kelompok, dilanjutkan dengan talkshow dengan moderator Om Onno yang menampilkan banyak orang-orang hebat seperti Endah Nasution yang dikenal sebagai Bapak Blogger Indonesia, Mike Orgill dari Google yang gantengnya bikin baper setahun, Bapak Nukman Luthfie yang paling saya suka karena gayanya yang keren kalau menyampaikan materi, Shinta Bubu, sampai Mas Anggara Suwahju idola saya karena kalau bicara soal hukum paling senang saya sama paparan beliauuuuu.

Masih lanjut? Masih! Kan sudah saya bilang padat bangetttt. Masih ada deklarasi dan terakhir gala dinner. Oh Tuhan, keren sekali itu para penarinya! Yuhuuuu saya termehek-mehek.

Malam itu usai gala dinner saya dan beberapa teman dipandu oleh Mas Antonemus tidak kembali ke PopHaris Hotel melainkan ke sebuah lokasi/kafe di daerah Seminyak untuk menyaksikan pertunjukan maha kece di sana dan bertemu dengan Dialog Dini Hari. Oh, crappp di mana CD album Dialog Dini Hari itu sekarang?! Teman-teman lainnya memilih untuk pergi ke Pantai Kuta, beberapa lagi mungkin kembali ke hotel.

Hari kedua Konferensi ABC 2011 kami diajak berwisata ke Garuda Wisnu Kencana Cultural Park yang mana saat itu pengerjaan patungnya belum selesai. Nonton bermacam pertunjukan, makan-makan, haha hihi, foto-foto, sampai puas, lantas kembali ke hotel.


Masih banyak cerita dari Konferensi ABC 2011 tapi kalau ditulis semua jari saya menjerit kesal. Tapi saya masih ingin berbagi cerita lain ... bahwa dari kegiatan itu saya kembali bertemu Arie Pitax alias Goiq yang menghadiahkan saya kaos Mama Cake, saya bisa bertemu kembali Nike Rasyid yang pernah mengirimi saya buku Honeymoon with my Brother dan syal rajutan, pada akhirnya bertemu Ollie yang telah lama saya kagum padanya dan Nulis Buku *cie*, bertemu lagi sama Kang Iwok Abqary dan bisa haha hihi seperti biasanya kalau kami bertemu, bertemu sama Bang Agus Lahinta dan Nona Dita dari ACI Detik Com, jelasnya bertemu Bunda Injul, abang paling baik yang saya panggil Om Bisot, dan kakak paling baik Mami Vi3 yang rela menyeberang dari Banyuwangi ke Bali ha ha ha. Jadinya Kopdar Blogger Family donk kita :D

AWEEEEEESOME!


Makan malam di Pantai Jimbaran dan merusuhi pengamen itu paling seru lah *ketawa raksasa*

Demikianlah Asian Games 2018 mengingatkan saya pada Asean Blogger 2011. Padahal Asian dan Asean itu beda. Saya masih sempat bertemu kembali dengan teman-teman blogger dalam kegiatan-kegiatan lain seperti Blogger Nusantara di Makassar (kegiatan kedua) dan beragam FGD yang diselenggarakan oleh ICT Watch atau Internetsehat. Bahkan saya masih menjadi salah seorang sutradara dari video Linimassa 3 oleh ICT Watch.

Ollie, Nona Dita, Ehem, Goiq.

Dan ...

Waktu berjalan begitu cepat, bukan?


Cheers.

8 Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

  1. Baru tahu, ada ABC juga,,,

    jahil bangat dah kak, ngisengin pengamen dan ngakak gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Sudah dari 2011 ada ABC ini. Iya waktu itu pengamennya ngalah (yang nyanyi) karena digantikan oleh saya hhahahaha ... lagunya Just The Way You Are, Bruno Mars.

      Hapus
  2. Sekarang ABC nggak ada lagi ya, Kak

    Btw, Arie Goix lagi sakit katanya, Kak. Struk ringan. Mari kita doakan semoga lekas pulih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedih ... bukan karena ABC-nya tidak ada lagi, tapi karena Ari Goiq Pitax sakit :( semoga lekas pulih ...

      Hapus
  3. Saya lupa in ievent bareng sama apa, saya dapat tugas dari kantor ke Bali... ahayyy ketemu deh dengan teman2 yg ajaib ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahahaha event bareng ABC gitu, kebetulan om dapat tugas di BAli sekalian perpisahan hahahahaha :D

      Hapus
  4. Waaah Mbak Tuteh keren. Tahun 2011 aja dah kumpul-kumpul sama blogger se ASEAN.
    Ada foto almarhum Mas Ari juga ya. Jadi ikutan sedih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe terima kasih. Lumayan nambah teman dan banyak pengalaman. Yup, sama-sama Ari (alm) juga waktu itu. Al Fatihah untuknya ...

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak