#PDL Sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah

Pengunjung Sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah :D

Mungkin saya pernah bercerita tentang lolosnya saya menjadi salah satu petualang ACI (Aku Cinta Indonesia) yang dibesut oleh DetikDotCom tahun 2010. Ajang jalan-jalan untuk lebih mengenal Indonesia itu hanya berjalan dua tahun yaitu 2010 dan 2011. Lumayan, bisa keliling Jawa Barat, gratis, dan wajib menghabiskan uang saku dari panitia. Ya ampuuun, kapan lagi dihidupkan ACI ini? Tapi yang jelas, alumni ACI 2010 masih bersatu-padu, masih haha hihi di Grup WA, meskipun sudah punya kesibukan lain yang rata-rata padaaaat. Kecuali saya. Hihi. Saya sih sibuk membaca pesan WAnya saja.

Dalam perjalanan hari pertama saya dan Acie keliling Jawa Barat, tim kami masuk ke dalam kloter II keberangkatan dan kami menamai tim ini Ninja Hatori, kami mengunjungi Sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah (Miras). Herannya, banyak masyarakat sekitar yang tidak tahu lokasi sanggar ini dan geleng-geleng kepala ketika kami bertanya, "Tahu lokasi atau alamat lengkapnya Sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah?" Tapi ketika kita menyebut, "yang cucunya pernah nari sama Brandon IMB (Indonesia Mencari Bakat) itu, Pak. Tahu lokasinya?" Baru mereka ngeh dan bilang, "Ooooh Aerli Brandon? Itu di sana, belok nganu, ketemu nganu, di situ dah." Ternyata 'Aerli Brandon' lebih ngehits dari si Miras sendiri. Aerli pernah menari bersama Brandon (sebagai bintang tamu) dalam acara Indonesia Mencari Bakat.

Pernah.

Saya pernah begitu. Pergi ke lokasi wisata budaya yang tidak tahu alamat lengkapnya dan harus bertanya sana-sini. Begitu sampai di tempatnya jadi langsung hepi karena bisa mengenal budaya dari tempat lain langsung dari sumbernya. Bisa menyentuh benda-benda seperti pada foto di atas, dan tentu saja disuguhi tarian oleh Aerli. Waktu wadah tempat topeng-topeng Miras (topeng paling jarang dikeluarkan apalagi dipakai karena hanya Miras yang boleh memakainya) dikeluarkan disertai dengan dupa yang terbakar di bagian tengahnya, saya merinding. Seperti ada sesuatu yang mistis sedang bekerja di sana. Pengalaman perasaan itu yang ingin saya rasakan lagi ... entah kapan.

Siapa yang pernah pergi ke Sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah? Bagi tahu ceritanya donk :)


Cheers.

2 Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

  1. Aku belum pernah pergi ke sanggar tari topeng Mimi Rasinah 😓
    Kok bisa warga sekitar bisa ngga hafal lokasi sanggar ..., sayang banget begitu.
    Coba seandainya warga sekitar ikut berpartisipasi, ikut berlatih nari misalnya ..., bukan tak mungkin sanggar itu akan jadi seperti kelompok angklung Mang Udjo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah, sayang sekali ya. Makanya waktu itu sempet muter muter nyari lokasi sanggarnya. Kalau Saung Angklung Mang Udjo itu wuih luar biasaaaaaa pengunjung proaktif kan sama kegiatan di dalamnya.

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak